Wednesday, December 1, 2010

Menggunakan Internet Secara Sehat, Aman, dan Hebat Tidaklah Sukar


Internet. Siapa coba orang berpendidikan dan berpengetahuan yang tidak mengenalnya? Mulai dari anak yang masih duduk di bangku sekolah sampai professor mengenalnya. Dan tiada hari tanpa satupun orang yang  tidak online di internet.

Di internet kita bisa menemukan banyak hal. Mulai dari review product, lokasi suatu tempat, internet banking, sampai belanja online, you name it. Nyaris semua informasi di seluruh belahan dunia bisa kita akses. Istilah populernya, "jarum jatuh di Amerika bisa kita dengar di Indonesia saat itu juga". Berlebihan memang, namun itulah kenyataannya. Istilah "coba tanya dengan mbah/paman/oom Google dan tante wikipedia" pun sudah sering kita dengar. 

Secanggih-canggihnya teknologi internet yang ada saat ini, tetap manusianya lah yang memegang peranan. Mau dibawa ke mana arahnya. Banyak hal positif didapat di internet, namun hal yang negatif pun tak kalah banyak. Menyebar email spam, SQL injection, carding, adult content adalah beberapa di antara hal negatif yang bisa dilakukan di internet.

Berikut ini adalah tips-tips dari penulis agar bisa mengakses internet dengan sehat dan aman tanpa merugikan diri sendiri : 
  •  Pastikan Anda membuka portal berita atau mem-follow account twitter dari portal itu yang memuat berita terkini. Di samping Anda akan lebih cepat mengetahui informasi termutakhir, Anda juga bisa melatih diri bersabar untuk tidak langsung memberikan komentar atau judgement berupa ReTweet dari kepala berita yang Anda terima. Membaca isi berita lebih mendalam adalah lebih baik daripada hanya membaca kepala berita yang kadang-kadang menyesatkan.
  • Bukalah situs yang menunjang hobi positif Anda. Semisal Anda hobi berkebun, coba bukalah blog-blog yang berhubungan dengan kegiatan tersebut. Anda juga bisa menjalin komunikasi intim dengan pemilik blog melalui diskusi di bawah tulisan. Saling berbagi pengetahuan tidak hanya sekedar member dan menerima, tetapi juga akan menambah relasi dan kolega Anda ke depannya. Namun tidak melulu lewat blog saja lho. Mengikuti mailing list (milis) untuk hobi tertentu juga bisa dilakukan. Apalagi dengan teknologi pushmail atau surat gegas dapat dengan mudah dilakukan dengan smartphone tertentu. Chatting dengan Y!M, Google Talk, atau Windows Live Messenger pun sudah jamak kita lakukan.
  • Selalu perhatikan alamat web tempat Anda memasukkan username dan password. Jangan sampai tertipu dengan halaman muka web yang mirip dengan halaman web yang sebenarnya. Pun demikian dengan belanja online dengan kartu kredit. Pastikan halaman web itu terpercaya.
  • Gunakanlah password yang mudah anda ingat, namun tidak mudah untuk ditebak. Penggunaan special character sangat membantu agar mencapai minimal strong password.
  • Internet tetaplah dunia maya. Dan Anda tidak hanya hidup di dalamnya. Meluangkan waktu bersama keluarga dan saling memberikan perhatian yang cukup juga sama pentingnya. Jauhi smartphone, netbook, tablet, dan semua piranti yang menghubungkan Anda dengan internet. Tentu lain ceritanya jika Anda sedang mengawasi putra-putri Anda berseluncur di dunia maya. Selalu dampingi dengan parental advisory yang ketat tanpa mengekang.
Silakan dicoba tips-tips dari penulis, semoga selamat sampai tujuan menjadi hebat karena internet.


No comments:

Post a Comment